KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Aplikasi INTIPay resmi diluncurkan oleh PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) sebagai satu lini bisnis yang baru.

Peluncuran Aplikasi INTIPay ini akan melengkapi kefungsian perangkat buatan PT INTI (Persero) bernama Identik AE01 sebagai platform pembayaran dan belanja kebutuhan digital.

Identik AE01 sendiri adalah perangkat pembaca KTP Elektronik yang terintegrasi dengan aplikasi berbasis android yang bisa memudahkan proses pembayaran dengan verifikasi KTP-el berbasis biometric.

Direktur Utama PT INTI Otong Iip menjelaskan sistem AE01 sudah banyak digunakan di perbankan, perusahaan operator selular, dan lembaga negara yang berkaitan dengan perlindungan tenaga kerja.

Maka hadirnya aplikasi INTIPay untuk layanan payment point online banking ini adalah bukti keseriusan PT INTI untuk menggarap bisnis teknologi finansial (fintech).

Dijelaskannya, aplikasi ini dapat melayani transaksi keuangan yang terkoneksi dengan perbankan secara online dan real time dengan penyediaan data yang cepat dan akurat.

Prosesnya akan dijalankan oleh PT INTI Konten Indonesia (INTENS) yang merupakan anak usaha dari PT INTI.

“Masyarakat bisa menggunakan aplikasi INTIPay melalui smartphone untuk bertransaksi, bisa juga menjadi agen sehingga dapat manfaat secara komersial. Selain itu, masyarakat juga bisa melengkapi berbagai layanan dengan perangkat Identik AE01,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (12/4/2022).

Otong menjelaskan, perangkat Identik AE01 menyediakan berbagai layanan pembayaran digital yang dilengkapi fitur verifikasi KTP, tersedia berbagai transaksi pembayaran cashless, portable. Pengguna juga bisa langsung mencetak bukti pembayaran,” kata dia.

Menurutnya, dengan hadirnya aplikasi INTIPay diharapkan dapat memperkuat sisi digital service dari BUMN ini,

Sejauh ini, eksosistem yang tergabung dalam INTIPay sudah lumanyan besar, terdiri dari 82 ribu Agen, 582 ribu PosPay Retail, 524 Entity Biller, 42 Switching, 15 Channel, dan 856 Produk QRIS yang telah melayani hamper 7 juta pelanggan.

PENUHI SEMUA KEBUTUHAN

Sementara Yudi Limbar Yasik selaku Dirut PT INTENS menargetkan ekosistem INTIPay akan terus meningkat dengan banyaknya layanan transaksi yang tersedia.

Saat ini, transaksi melalui aplikasi ini sudah bisa memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, seperti pengisian pulsa, tagihan pascabayar, pembelian paket data, token PLN, PLN Pascabayar, tagihan PDAM, Telkom Pay, BPJS Kesehatan, pajak, cicilan, donasi, dan top up uang elektronik.

“Layanan ini bahkan sudah mencakup pembayaran gas, TV Berlangganan, e-Commerce, Asuransi, Pembayaran Tiket, hingga Pos Assurance. Kita berharap berbagai inovasi ini akan mengoptimalkan potensi perusahaan, terutama dalam hal digital payment dan digital solution,” kata dia. []