KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Kamis 9 Februari 2023, Kasubag Iuran Wajib Laurensius Ade Suyanto Kasubag IW didampinggi Penanggung Jawab Bidang Teknik Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara Panji Permana aktif melakukan kegiatan Customer Relationship Management (CRM) kepada pemilik/pengusaha Perusahaan pemilik usaha angkutan di Wilayah Sulawesi Utara. Pada kesempatan ini Jasa Raharja Sulut melakukan kunjungan di PD Bangun Bitung dan PD Penyeberangan Talaud.

Pada kesempatan tersebut petugas memberikan himbauan kepada pengurus dan para crew angkutan tersebut agar tertib administrasi antara lain tertib atas pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan SWDKLLJ, agar kendaraan tidak menjadi bodong jika menunggak pajak sesuai ketentuan Pasal 74 UU No. 22 Tahun 2009. Adapun besaran iuran wajib diatur berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Ferry/Penyeberangan, Laut, dan Udara.

Kepala Cabang Jasa Raharja Sulawesi Utara, Amaluddin Salam di tempat terpisah menjelaskan bahwa kegiatan yang kami lakukan bertujuan untuk menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan customer kami, yakni khususnya para pemilik angkutan umum “tujuannya untuk memastikan data yang tercatat di kami untuk angkutan penumpang umum selalu update dan memastikan bahwa kewajiban atas Iuran Wajib dipenuhi, masyarakat aman dan nyaman dan jika terjadi musibah kecelakaan lalu lintas, ujar Amaluddin.

Jasa Raharja merupakan perusahaan milik negara yang memiliki tugas pokok yaitu memberikan perlindungan dasar kepada korban kecelakaan lalu lintas jalan & Angkutan Penumpang Umum dengan menghimpun dan mengelola dana dari masyarakat yaitu Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).[]