KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Tiga warga asal Kabupaten Sanggau meninggal dunia setelah sepeda motor yang dikendarainya bertabrakan dengan sebuah truk di Jalan Raya Sekadau – Sanggau KM. 15 Desa Peniti Kecamatan Sekadau Hilir pada Sabtu (02/04) siang. Kecelakaan yang melibatkan satu keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan seorang anak tersebut menyebabkan sang Ayah dan anak meninggal di tempat kejadian sedangkan sang Ibu meninggal dunia setelah sempat dilarikan ke RSUD Sekadau.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Jasa Raharja Perwakilan Sintang melalui Penanggung Jawab Samsat Sanggau, Frederickus Erick didampingi oleh perangkat desa setempat menyambangi rumah duka untuk menyampaikan belasungkawa atas musibah kecelakaan yang terjadi pada Senin (04/04).

“Kami menyampaikan duka cita dan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga korban sekaligus melakukan survei keabsahan ahli waris dari ketiga korban guna penyerahan santunan Jasa Raharja”, ucapnya.

Diterangkan lebih lanjut, santunan sebesar 50 juta rupiah untuk korban ayah dan ibu diserahkan kepada anak korban selaku ahli waris yang sah. Sedangkan untuk korban anak, hanya diberikan santunan penguburan sebesar 4 juta rupiah yang diserahkan kepada pihak keluarga yang menyelenggarakan pemakaman mengingat korban tidak memiliki ahli waris.

“Untuk korban anak, kami hanya menyerahkan santunan penggantian biaya penguburan sebesar 4 juta rupiah mengingat korban anak ini tidak memiliki ahli waris sesuai dengan ketentuan. Santunan penggantian biaya penguburan ini kami sampaikan kepada abang korban selaku pihak yang menyelenggarakan pemakaman atas korban anak tersebut”, pungkasnya.

Sesuai dengan PP Nomor 17 Tahun 1965, ahli waris yang berhak menerima santunan Jasa Raharja untuk korban meninggal dunia adalah sebagai berikut :

a. Janda atau dudanya yang sah
b. Anak-anaknya yang sah
c. Orang tuanya yang sah

Dalam hal korban tidak memiliki ahli waris, maka diberikan penggantian biaya penguburan kepada pihak yang menyelenggarakan penguburan.
PT Jasa Raharja senantiasa menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati saat berkendara serta pertimbangkan jarak aman dan kecepatan kendaraan serta senantiasa waspada dengan struktur dan kondisi jalan agar tetap aman dan selamat selama berkendara. []