KORPORATNEWS.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Cabang Papua menyerahkan santunan kepada ahli waris korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan Tobati Holtekamp km 9, Kota Jayapura, Papua pada Minggu, 7 Mei 2023. Kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan sejenis SPM Yamaha Mio dan Honda Supra X, dan mengakibatkan meninggalnya satu orang korban.

Menurut kronologi kejadian, SPM Yamaha Mio dengan nomor polisi PA 2140 RN datang dari arah Jembatan Youteffa menuju ke arah pertigaan Holtekamp dengan kecepatan yang cukup kencang. Sementara itu, pengendara SPM Honda Supra X dengan nomor polisi DS 2349 AU datang dari arah yang sama dengan kecepatan yang sedang. Karena jarak yang sudah dekat, pengendara sepeda motor PA 2140 RN tidak dapat mengendalikan kendaraannya dan menabrak sepeda motor DS 2349 AU dari belakang. Kecelakaan ini mengakibatkan seorang korban A (45) meninggal dunia.

Seiring dengan hal tersebut, Jasa Raharja Cabang Papua melalui petugas Gift Lalenoh telah melakukan survey keabsahan ahli waris untuk melakukan verifikasi data. Sebagai pengemban amanah Undang-undang No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Undang-Undang No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, PT Jasa Raharja bertugas memberikan perlindungan utama bagi korban kecelakaan lalu lintas angkutan umum maupun lalu lintas jalan.

Sebagai wujud kehadiran dan kepedulian negara terhadap korban kecelakaan lalu lintas, PT Jasa Raharja Cabang Papua menyerahkan santunan sebesar 50 juta rupiah kepada suami korban sebagai ahli waris yang sah yang berdomisili di Jl Durian 3 Koya timur, Jayapura. Kepala PT Jasa Raharja Cabang Papua, Mulkan SE., M.Si., AAAI-K, mengekspresikan belasungkawa dan simpatinya kepada keluarga korban. “Kami berdoa semoga keluarga korban dapat memiliki kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini,” ujar Mulkan.

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. 16 Tahun 2017, korban meninggal dunia berhak mendapatkan santunan sebesar Lima Puluh Juta Rupiah dan korban luka-luka berhak mendapatkan biaya perawatan sebesar maksimal dua puluh juta rupiah. PT Jasa Raharja Cabang Papua mengingatkan seluruh pengguna jalan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.[]