KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Jaringan Telkomsel 3G mulai bulan ini dilakukan migrasi secara merata ke jaringan 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia.

Migrasi jaringan Telkomsel 3G ini dilakukan oleh pihak perusahaan di ratusan kota dan kabupaten sebagai upaya untuk pemerataan jaringan broadband.

Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho mengatakan, dengan migrasi ini, akan banyak kesempatan yang terbuka bagi masyarakat untuk menikmati akses internet cepat.

Dengan kualitas jaringan 4G/LTE, pelanggan Telkomsel akan merasakan layanan yang lebih merata, cepat, stabil, dan dapat diandalkan.

“Dengan migrasi Jaringan Telkomsel dari 3G ke 4G, maka akses internet tentu akan lebih baik. Peningkatan kualitas jaringan ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menjalankan berbagai aktivitas digital sehari-hari,” kata Nugroho dalam pernyataan resmi, dikutip Jumat (25/3/2022).

Selain itu, jaringan 4G juga akan mengakselerasi transformasi digital untuk mendukung aktivitas bisnis masyarakat hingga ke daerah pelosok.

Perusahaan operator seluler ini menargetkan, proses migrasi jaringan Telkomsel ini akan rampung secara menyeluruh di akhir tahun 2022.

Nugroho menyebut di tahap pertama, pengalihan jaringan dilakukan di 90 kabupaten/kota mulai Maret hingga Mei, tahap kedua mulai Juni hingga Juli di 132 kabupaten/kota.

Kemudian tahap 3 mulai Agustus-Oktober di 178 kabupaten/kota dan tahap 4 pada November-Desember di 104 kabupaten/kota.

Menurut Nugroho, pihaknya sudah mempersiapkan teknis migrasi agar selama prosesnya tidak mengganggu pelanggan dalam mengakses internet.

Anak BUMN Telkom ini juga akan terus melakukan sosialisasi dan mitigasi hingga ke tingkat kecamatan untuk melancarkan peningkatan jaringan internet.

“Persiapan migrasi jaringan Telkomsel ini sebenarnya sudah kita mulai sejak tahun lalu. Mulai dari menata ulang pita frekuensi 2,3GHz untuk memperkuat kualitas jaringan 4G,” ungkapnya.

GANDENG BAKTI

Telkomsel juga menggandeng berbagai pihak, seperti Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pengalihan jaringan di ribuan BTS USO yang ada di berbagai wilayah.

Guna menarik minat masyarakat agar mau beralih menggunakan jaringan 4G/LTE, pihak perseroan juga sudah menyiapkan paket kartu perdana dengan kuota internet dan paket kuota internet untuk sejumlah wilayah.

“Kami juga menyediakan layanan bagi pelanggan yang mau meningkatkan kartu SIMnya yang lama jadi 4G. Pengguna bisa datang GraPARI terdekat atau MyGraPARI untuk penggantian kartu SIM,” tutupnya. []