KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Jasa Raharja Bali wilayah Tabanan melalui petugas Samsat Wilayah Tabanan I Putu Agus Kurniawan, I Putu Mardi Kusuma, Nyoman Eggy Tri Chandaka dan Satio Wisobroto mengikuti giat razia gabungan bersama Bapenda Tabanan, Dinas Perhubungan Tabanan dan Satlantas Polres Tabanan. Razia diadakan di Jalan Ahmad Yani, Abiantuwung, Kediri, Tabanan.

Tujuan kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan lunas SWDKLLJ. Kegiatan ini juga sebagai informasi kepada masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan tahunan dengan Samsat Kerti.

Beberapa kendaraan yang terkena pemeriksaan pada razia tersebut melanggar peraturan lalu lintas termasuk kendaraan yang mati pajak, kelengkapan berkendara yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, petugas juga mensosialisasikan pengendara bermotor untuk patuh dengan rambu-rambu yang berlaku bertujuan agar menekan jumlah laka lantas semakin menurun.

Abubakar Aljufri selaku Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Bali menyatakan bahwa “Jasa Raharja terus bersinergi dan bekerjasama dengan mitra terkait dalam pelaksanaan operasi gabungan tertib administrasi di wilayah Provinsi Bali khususnya wilayah hukum Tabanan. Termasuk juga guna melihat tingkat kepatuhan pembayaran SWDKLLJ yang merupakan salah satu sumber kontribusi bagi Jasa Raharja di Bali khususnya guna mendukung pembayaran santunan bagi korban kecelakaan.”

Jasa Raharja Bali berkolaborasi dengan mitra terkait pada kesempatan ini juga memberikan sosialisasi kepada pengendara terkait implementasi Kebijakan Penghapusan Data Kendaraan Bermotor sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 74 .

“Pasal 74 Undang-Undang nomor 22/2009 mengamanatkan soal penghapusan registrasi dan identifikasi (regident) kendaraan bermotor. Penghapusan regident berlaku bagi kendaraan yang PKBnya tidak dibayarkan selama dua tahun, oleh karena itu pemilik kendaraan segera melakukan pembayaran PKB dan SWDKLLJ agar tidak menunggak sebelum data kendaraannya dihapuskan” ujar Abubakar Aljufri.[]