KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Setelah mengedukasi melalui kegiatan sosialisasi di Dermaga Speedboat Semayang beberapa waktu yang lalu terkait perlindungan dan keterjaminan seluruh pengguna alat transportasi speedboat dengan pengutipan Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) kepada seluruh speedboat yang ada di dermaga tersebut, mulai awal bulan Maret 2022 kegiatan pegutipan sudah berjalan.

Dalam UU Nomor 33 Tahun 1964 jo Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 1965 disebutkan bahwa :

– Tiap penumpang yang sah dari kendaraan umum, baik darat, laut maupun udara wajib membayar iuran melalui pengusaha/pemilik alat angkutan yang bersangkutan.

– Untuk jaminan pertanggungan kecelakaan diri, tiap penumpang kendaraan bermotor umum wajib membayar suatu iuran untuk tiap perjalanan.

Dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat pengguna speedboat di Dermaga Semayang, pada hari Senin tanggal 14 Maret 2022 Jasa Raharja Cabang Kalimantan Timur melakukan monitoring dan pemasangan sticker secara simbolis di Dermaga Speedboat Semayang. Dalam sticker tersebut terdapat informasi tentang keterjaminan dan besaran nilai santunan Jasa Raharja.

Pemasangan sticker dilakukan oleh Kepala Cabang Kalimantan Timur; Eva Yuliasta, didampingi Kepala Bagian Operasional; Masril Hulima, Kasubag Iuran Wajib; Bramantyo HP serta Mitra Kerja dari Polsek KPPP Semayang, PT Pelindo 4 dan Perkumpulan Speedboat Semayang.

Kepala Cabang Kalimantan Timur, Eva Yuliasta mengatakan bahwa dengan telah berjalannya pengutipan IWKL di Dermaga Speedboat Semayang maka seluruh penumpang speedboat berada dalam jaminan Jasa Raharja apabila speedboat tersebut mengalami musibah kecelakaan saat dalam perjalanan.

“Hal ini sebagai bentuk brand awareness perusahaan dan perwujudan dari negara hadir dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat’, ucap Eva.[]