KORPORATNEWS.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Cabang Riau bekerja sama dengan Himpunan Keselamatan Transportasi Masyarakat (Hikatama) sukses menggelar webinar kampanye keselamatan lalu lintas dengan thema pembahasan psikologi lalu lintas. Kegiatan digelar pada Kamis, 24 Maret 2022, pukul 09.00 Wib-12.00 Wib ini menghadirkan Guru Besar Fak. Psikologi Universitas Indonesia, Prof. Guritnaningsih A Santoso dan Dr. Dewi Maulina MPSi serta Keynote speaker Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana.

Acara webinar edukatif ini selain diikuti perserta melalui aplikasi zoom meeting juga dapat diikuti melalui siaran live streaming media sosial Instagram dan Youtube Channel Jasa Raharja Riau.

Peserta yang tergabung dan aktif mengikuti kegiatan melalui zoom meeting berjumlah lebih dari 200 peserta berasal dari berbagai kalangan dan instansi, diantanya dari komunitas otomotif, mahasiswa, kalangan kampus yang tergabung dalam Hikatama, akademisi, kepolisian, pegawai Dinas Perhubungan dan juga karyawan Jasa Raharja. Peserta juga diberikan e-certificate dan e-wallet untuk 10 orang penanya.

“Webinar nasional ini sifatnya memang untuk masyarakat umum, dimana kita sangat mengharapkan dengan pengetahuan yang diperoleh menjadi insight yang baik untuk pencegahan kecelakaan, ungkap Kepala cabang Jasa Raharja Riau, M. Iqbal Hasanuddin . Ditambahkannya, Jasa Raharja memiliki tugas utama untuk memberikan santunan kepada korban kecelakaan angkutan umum dan lalu lintas jalan, namun lebih dari itu upaya upaya pencegahan dan kampanye keselamatan juga menjadi lebih penting.

Perilaku mengendarai kendaraan bermotor bukan sekedar keterampilan mengoperasikan kendaraan, tetapi sangat dipengaruhi oleh berbagai aspek kognitif (atensi, kesadaran, persepsi risiko, beban kognitif, pengambilan keputusan) dan aspek afektif (emosi, sikap, mood, kepribadian). Kajian terhadap aspek psikologis yang mendasari setiap perilaku mengendarai kendaraan bermotor memberi kontribusi penting untuk menciptakan keselamatan di jalan raya.

Terungkap dalam paparan pemateri Faktor penyebab terjadinya kecelakaan adalah Adanya Pelanggaran Lalu Lintas, Melampaui batas kecepatan maksimal, Faktor Pengemudi, Faktor Jalan, Faktor Kendaraan Bermotor, Faktor Pengguna Jalan Lainya, Faktor Alam. Diantara factor pengemudia adalah; tidak berkonsentrasi, lelah, bosan, ngantuk, mengemudi sambil menggunakan HP, tidak/kurang memiliki kompetensi untuk mengendarai kendaraan bermotor dan Pengambilan keputusan/ reaksi pengemudi yang berdampak terjadinya laka. []