KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Raya Bogor, Ciracas Jakarta Timur, Senin (21/3), dimana sebuah truck menyerempet pengendara sepeda motor mengakibatkan pengendara sepeda motor meninggal dunia.

Petugas Jasa Raharja Perwakilan Jakarta Timur, Muhamad Zakaria, langsung bergerak cepat untuk melakukan kunjungan ke rumah ahli waris korban guna melakukan pendataan dan memastikan kebenaran ahli waris.

Kepala Jasa Raharja Cabang Utama DKI Jakarta, Suhadi, menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban atas musibah kecelakaan yang menimpa. “Kami jajaran Jasa Raharja mengucapkan turut berduka cita yang sedalam atas musibah yang terjadi yang menimpa korban”, ujar Suhadi.

Suhadi menyampaikan, bahwa hal ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam melindungi warganya, sesuai Program Perlindungan Dasar Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Di mana Sesuai ketentuan tersebut, Jasa Raharja memberikan santunan kecelakaan kepada setiap orang yang meninggal dunia/cacat tetap dan penggantian biaya perawatan akibat kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor di jalan raya.

Santunan tersebut berasal dari dana Sumbangan Wajib dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan pemilik kendaraan bermotor di Kantor Besama Samsat pada saat membayar Pajak Kendaraan dan STNK. Santunan ini dapat diproses dengan cepat, kurang dari 24 jam, berkat sinergi pelayanan dan digitalisasi system pelayanan bersama instansi terkait yaitu Kepolisian, Rumah Sakit dan Ditjen Dukcapil.

“Sebagai wujud negara hadir memberikan perlindungan dasar bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan, maka santunan korban meninggal dunia langsung diserahkan kepada ahli waris korban dengan mekanisme transfer” Ungkap Suhadi.[]