KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Selasa, tanggal 15 Maret 2022 sekitar pukul 15.30 WIB telah terjadi kecelakaan lalu lintas bus penumpang Almasar BK-7422-UA di Jalan Jamin Ginting KM 38,5, Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, depan Rumah Makan Cindelaras. Kecelakaan diakibatkan oleh kondisi jalan yang menurun dan basah setelah hujan disertai dengan pengemudi yang tidak dapat menguasai laju kendaraan di tikungan sehingga kendaraan masuk ke parit dengan kondisi ke-4 rodanya menghadap ke atas. Sebanyak 4 dari 14 penumpang bus tersebut mengalami luka ringan dan saat ini telah selesai menjalani perawatan di RSUP H. Adam Malik Medan.

Menindaklanjuti hal tersebut, segenap jajaran dari Jasa Raharja Perwakilan Medan berkolaborasi untuk memastikan keterjaminan penumpang kendaraan BK-7422-UA tersebut. Diawali dengan proses koordinasi dengan Unit Lantas Polsek Pancur Batu terkait penerbitan Laporan Polisi. Kemudian dilakukan pendataan korban kecelakaan, kunjungan ke RSUP H. Adam Malik Medan dan memastikan keterjaminan para korban oleh Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Medan, Sdri. Hastuti Retnowulan, Penanggung Jawab Bidang Pelayanan, Sdr. Asman Siregar, dan Mobile Service, Sdr. Jenius Romadoni.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, Tamrin Silalahi, melalui Kepala Perwakilan Medan, Hastuti Retnowulan, menyampaikan turut prihatin atas musibah kecelakaan bus penumpang umum di Jalan Jamin Ginting KM 38,5.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.010/2017 besaran santunan penggantian biaya perawatan luka-luka bagi korban kecelakaan angkutan umum di darat, sungai/danau, feri/penyeberangan, dan laut maksimal sebesar Rp 20 juta, santunan penggantian biaya P3K maksimal sebesar Rp 1 juta,-, dan santunan penggantian biaya ambulans maksimal sebesar Rp 500 ribu. Hal ini merupakan wujud kehadiran negara dalam memberikan perlindungan dasar kepada penumpang alat angkutan penumpang umum yang menjadi korban kecelakaan.” Jelasnya.

Ia melanjutkan, “sumber dana santunan ini berasal dari pengutipan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang yaitu iuran yang wajib dibayarkan oleh para penumpang yang menggunakan alat angkutan penumpang umum di darat, sungai/danau, feri/penyeberangan, laut, dan udara yang dilakukan bersamaan dengan pembayaran tiket alat angkutan umum”. []