KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Pada hari Sabtu (26/03) Kapolri di dampingi Kakorlantas Polri melaksanakan launching Electronic Traffic Law Enfocement (ETLE) Nasional presisi Tahap II di Grand City Convention and Exhibition Surabaya. Secara hybrid event kegiatan juga dilakukan serentak di sejumlah polda yang ada di seluruh Indonesia antara lain Polda Bali, Polda Sumatera Selatan, Polda Sumatera Utara, Polda Bangka Belitung, Polda Kalimantan Timur, Polda Kalimantan Selatan, Polda Kalimantan Tengah, Polda Kalimantan Barat, Polda Papua, Polda NTT, Polda NTB, Polda Gorontalo, Polda Papua Barat.

Untuk wilayah Polda Kalimantan Timur kegiatan Launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional Presisi Tahap II dilakukan secara hybrid event di Ruang Rapat Polda Kalimantan Timur, yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Kaltim, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Kepala Jasa Raharja Cabang Kaltim, Eva Yuliasta didampingi oleh Kabag. Operasional, Masril Hulima, serta stakholder lainnya.

“Jasa Raharja Kalimantan Timur menyambut baik penerapan ETLE di wilayah Polda Kaltim, yang mana penerapan ETLE ini digunakan untuk mencatat/merekam pelanggaran lalu lintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas”, ujar Eva.

Lebih lanjut, Eva juga mengatakan bahwa penerapan teknologi ini adalah untuk meningkatkan disiplin berkendara di masyarakat karena ETLE ini beroperasi selama 24 jam tanpa henti dan diharapkan dengan penerapan ETLE ini dapat mengurangi pelanggaran lalu lintas yang merupakan penyebab utama kecelakaan lalu lintas.

Dengan diterapkannya ETLE ini maka pelanggaran maupun proses penindakan terhadap penggunaan kendaraan bermotor akan terekam kamera. Bagi kendaraan yang melanggar, surat tilang akan dikirim ke alamat sesuai dengan nomor polisi kendaraan yang terdaftar. Dalam surat tilang tersebut akan dicantumkan pasal yang dilanggar, tanggal dan tempat pelanggaran. Setelah menerima surat tilang dapat melakukan konfirmasi ke pihak kepolisian terkait pelanggaran yang ada di surat tilang tersebut. []