KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Dalam rangka mewujudkan koordinasi Sektor Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur pada hari Selasa tanggal 22 Maret 2022 menyelenggarakan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Hotel Blue Sky Balikpapan. Kegiatan ini diselenggarakan untuk membangun sinergitas penanganan ODOL (Over Dimension Over Loading) serta Implementasi Rencana Aksi Keselamatan Lalu Lintas Jalan.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Dirlantas Polda Kaltim, Kepala BPTP Wilayah XVII Provinsi Kaltim dan Provinsi Kaltara, Kepala BPJN Wilayah XI Provinsi Kaltim, Kepala Dinas Perhubungan Kota dan Kabupaten se Kaltim, Kasat Lantas se Kaltim, Ketua Organda Kalimantan Timur serta instansi terkait lainnya.

Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Kalimantan Timur, Masril Hulima, didampingi Kasubag. Pelayanan, Achmad Romlih, turut hadir dalam forum ini mewakili Kepala Cabang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur, A.F.F Sembiring, S.IP., dalam sambutannya menyampaikan tentang kerusakan jalan dan kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh ODOL. Untuk mencegah hal tersebut terulang kembali diperlukan langkah-langkah konkrit serta sinergitas antar instansi terkait.

Forum ini dipimpin oleh moderator Kabid LLAJ dengan Narasumber Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Kalimantan Timur, Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim dan Kepala BPTD Wilayah XVII Prov. Kaltim dan Prov. Kaltara

“Penanganan ODOL (Over Dimension Over Loading) merupakan salah satu upaya dalam rangka pencegahan terjadinya kecelakaan”, ucap Masril Hulima.

Masril juga menyampaikan bahwa dalam forum tersebut selain diskusi terkait penanganan ODOL juga dilakukan diskusi terkait dengan adanya IKN di Kalimantan Timur dan upaya antisipasi yang harus dilakukan. Forum mengusulkan agar material yang dibutuhkan untuk pembangunan di IKN diangkut melalui jalur laut sehingga tidak menambah kerusakan jalan. []