KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Sejumlah tiga puluh mitra driver Gojek berkumpul di depan Kantor Jasa Raharja Kepulauan Riau di Batam Center, Kota Batam pada pagi hari Kamis, 21 April 2022. Tiga puluh mitra driver yang seluruhnya perempuan tersebut merupakan peserta kampanye keselamatan berkendara yang digagas oleh Jasa Raharja Kepulauan Riau, bekerja sama dengan Gojek Kota Batam dan mitra driver Gojek perempuan di Kota Batam.

Kepala Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau, Mulyadi, menjelaskan bahwa kampanye keselamatan berkendara tersebut digagas oleh Jasa Raharja dalam rangka menyambut Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April.

“Sebagai salah satu pelopor keselamatan lalu lintas, kami berinisiasi untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara, terutama bagi para pengendara sepeda motor yang jumlahnya sangat banyak. Mitra driver angkutan online salah satunya yang kami pilih karena kegiatan sehari-hari mereka yang mengendarai sepeda motor. Kami juga secara spesifik memilih mitra driver perempuan sebagai bentuk kepedulian kami kepada Kartini-Kartini masa kini yang berprofesi sebagai driver angkutan online untuk memberi nafkah keluarga di rumah”, jelas Mulyadi.

Dalam kampanye keselamatan berkendara ini, Jasa Raharja mengimbau para mitra driver untuk selalu mematuhi aturan-aturan dan rambu-rambu lalu lintas, dan dilakukan juga pengecekan-pengecekan standar kelayakan berkendara, serta kelengkapan standar berkendara seperti jaket, sarung tangan, dan helm yang berstandar SNI.

Sejumlah mitra driver juga tampak antusias mengikuti kampanye keselamatan berkendara ini. Beberapa diantaranya ada yang mengenakan kebaya sebagai bentuk memeriahkan hari Kartini.

“Kami sebagai Kartini masa kini juga ingin memberikan contoh kepada pengendara lain bahwa tidak selamanya emak-emak yang mengendarai motor itu membahayakan. Kami juga ingin menjadi pelopor keselamatan berkendara dan keselamatan berlalu lintas. Kami rasa momen hari Kartini ini pas dengan apa yang kami ingin sampaikan, beberapa dari kami bahkan menggunakan kebaya sebagai bentuk antusiasme”.

Kegiatan kampanye keselamatan berkendara ini ditutup dengan pemberian sejumlah paket sembako kepada masyarakat yang memiliki kontribusi terhadap keselamatan berlalu lintas seperti bengkel, tambal ban, dan derek mobil dimana paket diantarkan langsung oleh para mitra driver tersebut. Kegiatan kampanye keselamatan berkendara dan pembagian sembako ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan “JRku Bersih (Memberi dan Mengasihi)” yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. []