KORPORATNEWS.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Cabang Kepri serahkan santunan korban kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang umum sebesar 4,4 M sampai dengan akhir Triwulan I tahun ini. Dari data yang dimiliki oleh PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau, terjadi peningkatan penyerahan santunan sebesar 33% jika di bandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Kenaikan penyerahan santunan tersebut disebabkan masih terbatasnya aktivitas masyarakat pada tahun 2021 karena dalam masa pandemi Covid-19, sedangkan tahun 2022 aktivitas masyarakat sudah mendekati situasi normal. Karena itu dihimbau agar masyarakat tetap patuhi rambu lalu lintas, hati² di jalan dan selalu menjaga protokol Kesehatan.

“Angka 33% merupakan angka yang tinggi bagi kami”, kata Mulyadi selaku Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau. Mulyadi menambahkan bahwa pihaknya harus memastikan bahwa 572 pemilik kendaraan bermotor roda 2 membayar pajak kendaraan bermotor terlebih dahulu, supaya santunan Rp 20.000.000 dapat diserahkan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Karena dana yang diserahkan kepada korban kecelakaan lalu lintas jalan berasal dari SWDKLLJ yang dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor.

Dari data yang dimiliki oleh PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau didapatkan hasil bahwa penyerahan santunan tertinggi diduduki oleh profesi wiraswasta sebesar 26% dan disusul oleh Pelajar sebesar 23% dari total penyerahan santunan. Jika ditinjau dari jenis kelaminnya, penyerahan santunan kepada korban kecelakaan berjenis kelamin laki-laki sebanyak 68,70%.

Jika kita melihat data yang ada laki-laki dan memiliki profesi wiraswasta menduduki peringkat pertama penyerahan santunan dari Jasa Raharja. Karena mereka semua sebagai kepala keluarga, tentunya hal ini akan berdampak kepada ekonomi keluarga tersebut. Oleh karena itu, Mulyadi menghimbau kepada seluruh masyarakat Kepulauan Riau agar selalu berhati-hati dalam berkendara. “Pastikan bahwa kendaraan yang akan digunakan layak, kecepatannya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan selalu berhati-hati”, kata mulyadi menambahkan.

“Tingginya peningkatan penyerahan santunan ini tentunya menjadi perhatian kami. Saat ini sudah banyak sosialisasi yang dilakukan Jasa Raharja Cabang Kepri guna mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mulai dari sosialisasi melalui sosmed, radio, sosialisasi di kawasan industri, sekolah bahkan sampai ke kecamatan. Tentunya hal tersebut tidak akan berhasil tanpa kesadaran penuh dari masyarakat bahwa keselamatan berlalu lintas adalah kewajiban kita semua”, kata Mulyadi menambahkan.

Mulyadi juga menghimbau agar masyarakat Kepulauan Riau melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tepat waktu, karena didalamnya ada komponen SDWKLL yang dapat meringankan beban korban kecelakaan lalu lintas.

“Sebagai warga negara yang baik kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu agar dijadikan habit yang terus dilakukan. Masyarakat mempunyai tanggung jawab ada hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan seiring sejalan”, kata Mulyadi menutup wawancara.[]