KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Kabupaten Sekadau atau juga biasa dikenal Bumi Lawang Kuwari merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki 7 kecamatan yang dimana letak geografis kecamatannya dipisahkan oleh Sungai Kapuas. Mayoritas masyarakat Kabupaten Sekadau masih banyak yang menggukan tranportasi air tradisional dalam mobilitasnya sehari-hari, hal tersebut terlihat dari banyaknya jasa transportasi penyeberangan yang terdapat di sepanjang Sungai Kapuas yang membentang sepanjang Kabupaten Sekadau.

Moda transportasi sungai Kapuas di Kabupaten Sekadau ini merupakan penunjang perkembangan perekonomian serta objek wisata yang berada di Kabupaten Sekadau. Dengan terus meningkatnya jumlah masyarakat yang menggunakan transportasi ini sehingga PT Jasa Raharja sebagai pelaksana Program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang berkomitmen untuk terus melaksanakan sosialisasi untuk memastikan kesiapan operator Kapal dalam menjamin keselamatan penumpangnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Jasa Raharja Perwakilan Sintang Bersama Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sekadau dan Kantor Kecamatan Bilitang Hilir mengadakan kegiatan Sosialisasi kepada pemilik dan pengurus Jasa Penyedia Transportasi Air di Kabupaten Sekadau.

Dalam sosialisasi tersebut, PT Jasa Raharja Perwakilan Sintang, menyampaikan “PT Jasa Raharja merupakan merupakan perusahaan milik negara yang memiliki tugas pokok yaitu memberikan perlindungan dasar kepada korban kecelakaan dengan cara menghimpun dan mengelola dana dari masyarakat yang salah satunya yaitu Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) yang dibayarkan oleh setiap penumpang angkutan umum kapal laut bersamaan saat membayar tiket/karcis.”

Sosialisasi ini berfokus pada meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi penguna jasa penyeberangan serta menertibkan administrasi kelengkapan kapal yang terdiri dari surat tanda kapal motor air, surat kelaikan kapal motor air serta mengingatkan pentingnya menyetorkan pengutipan premi Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Jasa Raharja.

Kegiatan tersebut diselenggarankan di Aula Gedung Serba Guna Kantor Desa Sungai Asam Kecamatan Beliting Hilir yang dihadiri kurang lebih 50 orang perwakilan dari pelaku usaha 2 penyebrangan yaitu Sungai Asam dan Sunyat.

Hadir sebagai narasumber pada sosialisasi ini yaitu Bapak Pionk perwakilan dari Kepala Bidang Angkutan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sekadau dan Bapak Arziwansyah Selaku Penaggung Jawab Samsat Sekadau dari PT Jasa Raharja perwakilan Sintang.

Jasa Raharja Perwakilan Sintang terus menghimbau kepada pemilik dan pengurus penyedia jasa transportasi air selalu taat dalam menyetorkan menyetorkan pengutipan premi Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) Jasa Raharja yang nanti nya Iuran Wajib tersebut akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk dana santunan kepada korban yang mengalami musibah kecelakaan di Sungai Danau dan Perairan. []