KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Unit Pelaksana Teknis Samsat melaksanakan kegiatan sosialisasi di SMA 1 Bulagi Kab. Banggai Kepulauan pada hari Rabu (18/01). Kegiatan ini merupakan wujud kolaborasi Samsat Salakan dalam memberikan edukasi kepada pelajar di wilayah Kab. Banggai Kepulauan tentang Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), peran dan fungsi Jasa Raharja atas pembayaran SWDKLLJ, serta keselamatan berlalu lintas.

Kepala UPT Samsat wilayah Banggai Kepulauan menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini akan rutin dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman sejak dini kepada para pelajar, dan diharapkan dapat mencetak generasi taat membayar pajak serta pelopor keselamatan berlalu lintas.

Petugas Jasa Raharja Samsat wilayah Salakan, Jimmy dalam kesempatannya memberikan sosialisasi Peran dan Fungsi Jasa Raharja serta prosedur pengajuan santunan Jasa Raharja bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, Jimmy juga menjelaskan manfaat dari SWDKLLJ yang dibayarkan bersamaan saat pembayaran Pajak Kendaraan di Kantor Bersama Samsat.

“Dengan membayar SWDKLLJ pemilik kendaraan telah mengalihkan risiko kerugian yang ditimbulkan pihak ketiga, yakni ke Jasa Raharja. Misal, mobil menabrak kendaraan lain, pejalan kaki, pengguna sepeda atau penyeberang jalan, maka korban akan disantuni oleh Jasa Raharja,” ujar Jimmy.

Diharapkan dengan sosialisasi ini para pelajar mempunyai pemahaman tentang manfaat atas pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), serta diharapkan dapat menciptakan generasi tertib berlalu-lintas. []