KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Hari ini Rabu, Tanggal 1 Maret 2023, Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan Studium Generale dengan Pembicara, Dodi Apriansyah selaku Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan implementasi dari program Jasa Raharja Mengajar, adapun tujuannya adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman dari praktisi sehingga wawasan mahasiswa akan bertambah. Kuliah umum ini dilaksanakan secara daring melalui zoom dan youtube serta dihadiri 515 mahasiswa dari seluruh jurusan semester 6 dan 8. Sambutan Studium Generale dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan ITB, Dr. G. Prasetya Adhitama, M.Sn., kemudian kegiatan ini dimoderatori oleh Kepala Subdit Organisasi Mahasiswa dan Pengembangan Prestasi Mahasiswa DITMAWA ITB, Dr. Epin Saepudin, M.Pd., serta dihadiri oleh seluruh Dosen Pengampu Mata Kuliah Studium Generale.

Dalam Studium Generale di Institut Teknologi Bandung kali ini, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat berbagi informasi tentang Insurance Basic Course. Seperti yang kita ketahui bahwa risiko memiliki unsur ketidakpastian, tidak dapat diperkirakan dan kadang kala bahaya. Maka dari itu risiko dapat dikendalikan dengan cara melakukan tindakan mengurangi kemungkinan peristiwa yang ditakutkan terjadi atau memindahkan risiko kepada pihak lain dengan asuransi.

Risiko yang dapat diasuransikan berbentuk kompensasi/manfaat, yang memiliki kemungkinan mengalami kerugian dan tidak mendapatkan keuntungan. Fungsi utama asuransi adalah sebagai suatu mekanisme pemindahan risiko, yaitu memindahkan suatu risiko dari satu pihak (tertanggung) kepada pihak yang lain (penanggung). Salah satu asuransi sosial/wajib yang umumnya merupakan program pemerintah dengan tujuan menyediakan jaminan bagi masyarakat dan tidak mendapatkan keuntungan komersil adalah PT Jasa Raharja. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah umum ini dengan mengajukan banyak pertanyaan tentang ketertarikan terhadap dunia perasuransian dan khususnya pada PT Jasa Raharja. Sampai ketemu di kegiatan Jasa Raharja Mengajar lainnya.

Jasa Raharja selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan terus selalu mendukung dan berinovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. []