KORPORATNEWS.COM, Jakarta – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menyiapkan KM. Kelud untuk mendukung gelaran Moto GP 2022 di obyek wisata super prioritas, Sirkuit Pertamina Mandalika yang akan berlangsung Jumat hingga Minggu tanggal 18-20 Maret 2022.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI (Persero) Yahya Kuncoro menyampaikan bahwa KM. Kelud merupakan kapal tipe 2.000 pax yang dapat menyediakan bed atau tempat tidur untuk sekitar 2.000 orang. Namun yang akan digunakan dalam menjalani penugasan Hotel Terapung disiapkan 1.500 bed. “KM. Kelud mendapatkan penugasan dari Pemerintah c.q. Kementerian Perhubungan untuk menambah jumlah kamar hotel di Mandalika, Lombok. Dalam penugasan ini, kami juga bekerjasama dengan Pemda NTB serta pihak-pihak lain yang mendukung gelaran Moto GP 2022,” ungkap Yahya di Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (13/3) sore.

“KM. Kelud biasanya melayani rute reguler yaitu Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai Karimun-Belawan. Pada gelaran Moto GP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika tahun 2022 ini mendapat penugasan dari Pemerintah c.q. Kementerian Perhubungan menjadi Hotel Terapung sebagai alternatif untuk akomodasi bagi para penonton Motor GP Mandalika 2022,” terang Yahya.

KM. Kelud akan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Minggu (13/3) pukul 18.00 menuju Pelabuhan Gili Mas, Lombok. Kapal akan tiba di Gili Mas pada Selasa, 15 Maret pukul 08.00. “Perjalanan dari pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Gili Mas, Lombok akan ditempuh sekitar 43 jam pelayaran,” ungkap Yahya. Setiba di Pelabuhan Gili Mas, KM. Kelud menjalani penugasan sebagai Hotel Terapung. Kapal akan bersandar di Pelabuhan Gili Mas dari tanggal 15-21 Maret 2022. Sedangkan penggunaan kapal untuk Hotel Terapung dan siap digunakan penonton Moto GP Mandalika 2022 mulai tanggal 17-21 Maret 2022.
Bagi penonton Moto GP Mandalika 2022 yang akan menggunakan KM. Kelud disyaratkan memiliki tiket nonton Moto GP Mandalika serta sejumlah persyaratan lainnya. “Kami selalu siap menjalankan tugas/amanah dari Pemerintah c.q. Kementerian Perhubungan untuk menyukseskan Moto GP dengan menyiagakan kapal kami. Layanan akomodasi menginap Hotel Terapung di KM Kelud ini sudah ditetapkan oleh Pemerintah c.q. Kementerian Perhubungan gratis atau tidak dipungut bagi mereka yang sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan,” lanjut Yahya Kuncoro.

Sejumlah persyaratan untuk dapat menikmati Hotel Terapung di KM Kelud ini, antara lain : memiliki tiket menonton Moto GP 2022, memiliki sertifikat vaksin dosis dua, memiliki aplikasi PeduliLindungi, membawa alat perlengkapan mandi dan handuk pribadi,melakukan proses reservasi (tidak menerima tamu walk-in).

Sedangkan fasilitas di KM. Kelud terdiri tempat tidur dengan kapasitas 1.500 orang, Mushola, kantin. “Dalam layanan Hotel Terapung di KM Kelud ini tidak disediakan sarapan, namun tersedia kantin di atas kapal. Tersedia pula Shuttle Service Gili Mas – Mandalika pukul 06.00-12.00 WITA. Mandalika – Gili Mas pukul 12.00-06.00 WITA, periode waktunya sejak 17-21 Maret 2022.

“Untuk reservasi harap menghubungi melalui email panitia Rsvhotelapung@ppl.ac.id dengan melampirkan : Nama, Alamat, No KTP, No. HP dan persyaratan nomor 1 & 2. Waktu Check-in pukul 14.00 WITA, sedangkan waktu Check Out pukul 12.00 WITA. Contact person panitia Sdr. Husni Adam HP 0823 4157 4268,” tutup Yahya.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.695 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 10 trayek tol laut serta 1 trayek kapal khusus untuk angkutan ternak. []