KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Kecelakaan kendaraan bermotor kembali terjadi di Kota Bekasi tepatnya di jalan Lingkar Utara Kaliabang Tengah Bekasi, selasa(19/04) pagi. Kecelakaan terjadi antara 2 kendaraan bermotor antara roda dua dan truk, yang mengakibatkan 1 (satu) orang meninggal duania di tkp an. Sugiarti.

Jasa Raharja Jawa Barat melakukan penanganan yang cepat atas kejadian kecelakaan tersebut dengan langsung melakukan koordinasi dengan Unit Laka Polres Bekasi kemudian melakukan survei ahli waris ke rumah duka yang bertempat tinggal di Villa Indah Permai Blok 1 19 No.34 Rt.011/036 Desa Teluk Pucung Kecamatan Bekasi Utara. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI No 15 tahun 2017, korban meninggal dunia berhak atas santunan meninggal dunia sebesar Rp 50.000.000 yang diserahkan kepada ahli waris korban, dalam kejadian ini yaitu suami korban. Santunan meninggal dunia tersebut telah dituntaskan dalam kurun waktu kurang dari 24 jam atau nol hari.

Pada kesempatan ini, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat Dodi Apriansyah mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan turut prihatin kepada pihak keluarga . Kecepatan penyelesaian santunan ini tak lepas dari proses kerjasama pelayanan yang telah terintegrasi secara digital dengan instansi terkait, salah satunya dengan Korps Lalu Lintas Polri yaitu melalui IRSMS (Integrated Road Safety Management System) dimana kejadian kecelakaan lalu lintas dapat langsung terintegrasi dengan Jasa Raharja dan integrasi data Dukcapil dalam penentuan ahli waris korban sesuai ketentuan ahli waris Jasa Raharja, Pamong Praja setempat hingga perbankan. Oleh karena itu korban atau keluarga korban tidak perlu khawatir karena santunan telah kami proses pada kesempatan pertama, tambah Dodi.

Santunan Jasa Raharja diserahkan karena diketahui bahwa kendaraan yang terlibat telah melakukan pembayaran pajak kendaraan, dimana di dalam pembayaran pajak kendaraan terdapat komponen pembayaran Sumbangan Wajib Dana kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Selanjutnya jika pada kemudian hari terjadi kecelakaan yang disebabkan dari kendaraan lain, para korban akan mendapatkan jaminan dari Jasa Raharja sesuai Program Perlindungan Dasar Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Ini merupakan wujud komitmen kehadiran Negara melalui Jasa Raharja untuk senantiasa memberikan pelayanan yang mudah dan cepat kepada masyarakat khususnya yang menjadi korban kecelakaan dan di harapkan dengan santuanan ini dapat meringankan beban bagi ahli waris korban meninggal dunia maupun korban luka-luka, tutup Dodi.[]