KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Selasa, 04 Juli 2023 pukul 19.30 telah terjadi kecelakaan di ruas Jalan Nasional Maumere-Larantuka, Kabupaten Sikka. Kurang berhati-hatinya supir pickup dalam berkendara, menyebabkan seorang pejalan kaki yang hendak menyebrang an Yohana Yuven Sivilia (10) mengalami luka berat, sehingga harus dirawat secara intensif di RS TC.Hillers Maumere. Mendapati informasi tersebut Penanggung Jawab Jasa Raharja Kabupaten Sikka, Semuel Mandala segera melakukan survey kerumah sakit untuk memberikan kepastian jaminan kepada korban kecelakaan, sesuai dengan amanah PMK No 16 Tahun 2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas.

Setelah pihak medis melakukan tindakan terbaiknya, nyawa korban tidak dapat diselamatkan dan dinyatakan meninggal pada rabu (5/7/23) pagi hari. Semuel pun segera melakukan gerak cepat survei validasi dan keabsahaan ahli waris di rumah duka. Survei juga diiringi dengan kegiatan sosialisasi terkait peran serta fungsi Jasa Raharja dan himbauan keselamatan berlalu lintas, kepada masyarakat sekitar. Setelah survei dilakukan, didapati bahwa ahli waris korban adalah Maria Mery Haryanti selaku ibu korban dan diberi santunan sebesar Rp. 50.000.000 pada Kamis (6/7/23) pagi.

Besaran santunan berasal dari dana Sumbangan Wajib Dana Kecelaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), yang dibayarkan masyarakat setiap tahunnya saat melakukan perpanjangan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Bersama Samsat. Proses survei keabsahan ahli waris hingga pembayaraan santunan dilakukan secara maksimal dan dalam waktu kurang dari 24 Jam. Gerak cepat proses santunan ini merupakan salah satu komitmen Jasa Raharja dalam memberikan santunan kecelakaan yang mudah dan cepat kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Jasa Raharja melalui Kepala Perwakilan Ende, Denny Adianto mengungkapan turut berbela sungkawa atas berdukanya keluarga korban dan berharap semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan. Denny juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara dan juga ketika berada di jalan raya, masyarakat juga harus selalu memastikan kendaraan yang digunakan dalam keadaan siap serta harus selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.[]