KORPORATNEWS.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Cabang Riau, melalui Staf Administrasi Tk.1 Tembilahan, Nugroho Devrianto, memberikan bantuan lifebuoy/pelampung sebagai alat keselamatan penumpang kapal. Bantuan ini diterima langsung pimpinan CV.PIPE Bapak Yuspik di Tembilahan, Indragiri Hilir Riau.

Bantuan Jasa Raharja ini sebagai upaya untuk mengurangi resiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan penumpang dalam menggunakan transportasi sungai dan perairan, demikian Kepala Cabang Jasa Raharja Riau, M. Iqbal Hasanuddin melalui staf Tembilahan, Nugroho Devrianto.

Lifebuoy atau pelampung ini merupakan peralatan dan perlengkapan yang di gunakan untuk melindungi jiwa awak kapal maupun penumpang dalam keadaan darurat. Dikatakan, bantuan ini merupakan salah satu program kerja Jasa Raharja dalam hal pencegahan kecelakaan angkutan penumpang. Bantuan ini menunjukkan perhatian Jasa Raharja dalam memastikan keselamatan penumpang dan semoga dapat bermanfaat.

“Adanya bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan serta keselamatan penumpang pengguna moda transportasi sungai dan perairan khususnya” tutupnya.

PT Jasa Raharja memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat melalui 2 program asuransi sosial, yaitu Asuransi Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Umum yang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang serta Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Dalam Undang Undang No. 33 Tahun 1964, disebutkan bahwa korban yang berhak atas santunan adalah setiap penumpang sah dari alat angkutan penumpang umum yang mengalami kecelakaan diri, yang diakibatkan oleh penggunaan alat angkutan umum, selama penumpang yang bersangkutan berada dalam angkutan tersebut, yaitu saat naik dari tempat pemberangkatan sampai turun di tempat tujuan.

Dalam hal ini, para penumpang angkutan kapal laut, sungai, danau dan perairan termasuk dalam perlindungan Jasa Raharja.Perlindungan Jasa Raharja terhadap pernumpang kapal laut diperoleh melalui Iuran Wajib tiap penumpang. Iuran Wajib tersebut dibayarkan bersamaan dengan pembelian tiket kapal laut yang resmi