KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Sesuai dengan program kerja bidang Humas tahun 2022, Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang, Akmal Nur melakukan peliputan dan wawancara dengan Media Online Ulasan.TV. Kegiatan peliputan ini dilakukan di Kantor PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang.

Ulasan.TV adalah media online lokal dibawah manajemen Ulasan Network yang berdomisili kantor di Kota Tanjungpinang. Peliputan ini adalah salah satu program Ulasan.TV yang bernama U-News Reportase. Peliputan ini dilakukan oleh reporter Fachrian Bachri sebagai edukasi kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang prosedur pengurusan klaim santunan korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Akmal Nur menyambut dengan baik kegiatan peliputan oleh Ulasan.TV. Di era digitalisasi saat ini PT Jasa Raharja beradaptasi dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui media-media online salah satunya Ulasan.TV serta media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook dan Twitter. Dengan adanya kegiatan peliputan ini diharapkan masyarakat lebih mengenal PT Jasa Raharja. Terkait dengan prosedur pengurusan klaim santunan korban kecelakaan lalu lintas, Akmal Nur menyampaikan bahwa persyaratan pertama adalah pihak korban / keluarga korban segera melaporkan kejadian kecelakaan yang dialaminya ke pihak Kepolisian Unit Laka Lantas di Kantor Polres terdekat. Setelah korban / keluarga korban melakukan pelaporan ke pihak Kepolisian maka selanjutnya pihak Jasa Raharja yang akan bekerja.

‘PT Jasa Raharja sudah bekerja sama dengan Korlantas Polri sehingga Jasa Raharja bisa menerima Laporan Polisi secara online dan realtime melalui aplikasi Integrated Road Safety Management System Polri (IRSMS). Setelah Laporan Polisi terbit dan masuk ke sistem Jasa Raharja kemudian petugas Jasa Raharja akan mengunjungi / jemput bola ke rumah ahli waris untuk pengurusan santunan kecelakaan korban meninggal dunia. PT Jasa Raharja telah bersinergi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk memastikan keabsahan data ahli waris korban kecelakaan yang meninggal dunia’ ucap Akmal Nur.

‘Selanjutnya untuk korban kecelakaan lalu lintas yang mengalami luka-luka, PT Rasa Raharja sudah bekerja rumah sakit di seluruh Provinsi Kep. Riau sehingga jika korban mendapatkan Surat Jaminan Jasa Raharja maka korban tidak perlu membayar biaya perawatan medis jika biaya perawatan luka-luka jumlahnya dibawah Rp. 20.000.000. PT Jasa Raharja adalah penjamin pertama (first payer) bagi korban kecelakaan lalu lintas. PT Jasa Raharja telah bekerjasama dengan badan jaminan sosial lainnya seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Taspen dan Asabri sebagai second payer jika biaya perawatan medis jaminan Jasa Raharja sudah maksimal. Pembayaran klaim santunan Jasa Raharja sudah dilakukan dengan sistem cashless yaitu secara transfer antar rekening dan melalui overbooking ke rumah sakit’ ujar Akmal Nur.

Akmal Nur menyampaikan bahwa PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang telah membayarkan klaim santunan kecelakaan s.d bulan Maret 2022 ini sebesar Rp. 950.947.348. Hal ini mengalami kenaikan 34,78% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 yaitu sebesar Rp. 705.550.182. Kenaikan jumlah pembayaran klaim santunan disebabkan oleh bertambahnya jumlah angka kecelakaan dan semakin tingginya tingkat fatalitas kecelakaan di wilayah Kantor PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang. Kenaikan jumlah kecelakaan disebabkan aktivitas masyarakat dan jumlah kendaraan di jalan raya sudah kembali normal pasca kelonggaran PPKM yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Oleh karena itu PT Jasa Raharja menghimbau masyarakat supaya tetap disiplin mentatati peraturan lalu lintas jalan raya dan tetap berhati-hati dalam berkendara apalagi saat ini sudah mendekati periode mudik Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. PT Jasa Raharja berharap seluruh pengguna jalan raya selalu diberikan keselamatan dan kelancaran dalam berkendara sehingga selamat sampai di tempat tujuan.

Kegiatan peliputan dan wawancara berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Kegiatan peliputan ini akan dilakukan secara berkala selama tahun 2022 dengan tujuan agar informasi tentang prosedur pengajuan santunan kecelakaan lalu lintas dapat menjangkau seluruh masyarakat di wilayah Prov. Kepulauan Riau. []