KORPORATNEWS.COM, Jakarta –  Zona Integritas adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada Kementerian yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dengan adanya komitmen yang kuat dari Tim Pembina Samsat Tasikmalaya, dalam hal ini khususnya Samsat Kab. Garut melaksanakan giat Pencanganan dan Penandatanganan Pakta Integritas dalam rangka mendukung kesiapan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Samsat P3DW Kab. Garut.

Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah, yang dimaksud WBK adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/satuan kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik, yang telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada komponen pengungkit serta mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Sedangkan WBBM adalah WBBM adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/satuan kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan sangat baik, dengan telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada komponen pengungkit untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Penandatangan Pakta Integritas dilakukan di Ruang Pelayanan P3D Wilayah Kab. Garut yang dilakukan oleh Kepala P3DW Garut, Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tasikmalaya, Kapolres Kab. Garut, Kepala Cabang Bank BJB Kab. Garut.[]