KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau, Mulyadi, SE., AWP., QWP., bersama Kepala Unit Operasional dan Humas, Toif Riyanto, S.Pt, MM., dan Kepala Unit Human Capital dan Umum, Mulyadi, ST., BCMCP., QWP., melakukan kunjungan dan koordinasi dengan Direktur Lalu Lintas Polda Kepulauan Riau, Kombes Pol Medyanta, S.I.K. pada Rabu, 9 Maret 2022 bertempat di Mapolda Kepulauan Riau.

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk menginisiasi program-program sosialisasi keselamatan berlalu lintas selama tahun 2022 demi meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, meningkatkan penerimaan negara, dan meningkatkan percepatan penyerahan santunan kepada para korban kecelakaan lalu lintas.

Jasa Raharja sebagai pelaksana Undang-undang No. 34 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan memiliki tugas untuk menjamin setiap korban kecelakaan lalu lintas jalan dengan memberikan santunan yang besarannya ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan No. 16/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Jasa Raharja bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam penyelenggaraan Kantor Bersama Samsat, dimana Jasa Raharja melaksanakan pemungutan SWDKLLJ, dan dalam penanganan kejadian kecelakaan dimana Kepolisian merupakan pihak yang berwenang untuk menangani setiap kejadian kecelakaan lalu lintas jalan.

“Keselamatan masyarakat dalam berkendara dan berlalu lintas merupakan perhatian utama kami. Sosialisasi dan program-program kami selama 2022 akan berfokus kearah sana, yang mana termasuk bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat dalam taat membayar pajak kendaraan bermotor dan membayar SWDKLLJ, sebagaimana menjadi tugas Kepolisian, BP2RD, dan kami Jasa Raharja dalam penyelenggaraan Kantor Bersama Samsat. Kalaupun masyarakat pada akhirnya mendapatkan musibah kecelekaan lalu lintas, kami selalu siap proaktif dalam menyampaikan hak-hak korban yaitu santunan. Saat ini rata-rata kecepatan penyerahan santunan meninggal dunia kami mencapai 1 hari 16 jam, dan kami selalu berusaha meningkatkan kecepatan tersebut, salah satunya dengan menguatkan kemitraan dengan Kepolisian,” jelas Toif Riyanto, S.Pt, MM., selaku Kepala Unit Operasional dan Humas Jasa Raharja Kepri.

Diharapkan dengan kegiatan ini, sinergitas kemitraan antara Jasa Raharja Kepri dan Ditlantas Polda Kepulauan Riau dapat terjalin semakin kuat, sehingga keselamatan dalam berkendara dapat selalu meningkat dan hak-hak korban kecelakaan lalu lintas dapat tersampaikan dengan lebih cepat. []