KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang yang diwakili oleh Lambang Priantono Putra selaku petugas Jasa Raharja Samsat Kijang menghadiri rapat koordinasi antar instansi Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2022 (1443 H) di kantor KSOP Kelas III Kijang.

Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa instansi terkait seperti Kepala Dinas Perhubungan Prov Kepuluan Riau, Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Bintan, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kelas III Tanjungpinang, Danramil 02 Bintan Timur, Kepala Pos Kepolisian Kawasan Pelabuhan Kijang, General Manager PT Pelindo Regional I Cabang Tanjungpinang serta Kepala Cabang PT. Pelayanaran Nasional (PELNI) Tanjungpinang.

Rapat tersebut dipimpin oleh Abdul Rachman selaku Plt. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Kijang. Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh instansi hadir dalam kegiatan rapat koordinasi ini. Seluruh instansi diharapkan dapat saling berkoordinasi dan bekerja sama dalam penyelenggaraan angkutan laut di masa mudik lebaran tahun 2022 (1443 H).

Dalam pertemuan tersebut juga membahas tentang penunjukan personil dari setiap instansi untuk posko angkutan laut lebaran tahun 2022 di Pelabuhan Sei Kolak Kijang dan Pelabuhan Sri Bayintan Kijang. Tujuan pembentukan posko di Pelabuhan Sei Kolak Kijang adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang terutama dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pada saat mudik lebaran.

‘Jasa Raharja dalam kegiatan posko bersama tersebut berperan untuk memberikan jaminan kecelakaan bagi penumpang sah pengguna sarana angkutan laut di Pelabuhan Sei Kolak Kijang dan Pelabuhan Sri Bayintan Kijang’, jelas Abd Rachman. ‘Namun diharapkan dalam kegiatan mudik lebaran tahun 2022 ini tidak terjadi kecelakaan atau kejadian luar biasa lainnya, semoga seluruh warga masyarakat yang mudik dan menggunakan angkutan laut di pelabuhan Kijang diberikan keselamatan dan kelancaran sehingga dapat bertemu keluarga di tempat tujuan’, ujarnya kembali.

Lambang Priantono menyampaikan bahwa Jasa Raharja akan melakukan kegiatan PAM Lebaran selama masa mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Petugas akan terus melakukan monitoring korban kecelakaan selama Lebaran baik kecelakaan di jalan raya maupun kecelakaan di angkutan laut. ‘Kami akan terus berkoordinasi dengan Unit Laka Lantas Polres Bintan dan Polres Kota Tanjungpinang untuk mendapatkan info terupdate jika ada kejadian kecelakaan di jalan raya, lalu kami mohon kerjasama dari KSOP, Polairut dan dinas terkait lainnya jika terdapat informasi kecelakaan di sarana angkutan laut agar kami mendapatkan informasi kecelakaan tersebut secara cepat, akurat dan reliabel’ ujar Lambang Priantono. Lambang Priantono juga menyampaikan khusus penumpang sah kapal laut milik PT PELNI, mereka tidak perlu khawatir karena setiap pembelian tiket kapal sudah termasuk premi Iuran Wajib Kapal Laut dari PT. Jasa Raharja. Jadi penumpang sah mendapatkan jaminan kecelakaan mulai dari dermada keberangkatan di Pelabuhan Sei Kolak Kijang sampai dengan dermaga tujuan sesuai tiket penumpang kapal.

Rapat koordinasi ini berjalan dengan lancar, setiap instansi menyampaikan saran dan masukan penyelenggaraan posko bersama penyelenggaraan angkutan laut Lebaran tahun 2022 (1443 H). Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara PT Jasa Raharja perwakilan Tanjungpinang dengan instansi-instansi terkait serta diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan terjadi pada saat Lebaran 1443 H di pelabuhan Sei Kolak Kijang dan Sri Bayintan Kijang nanti.[]