KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Rabu, 22 Februari 2022 bertempat di Kantor Jasa Raharja Cabang Papua telah dilaksanakan rapat kordinasi bersama Ditlantas Polda Papua, Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Papua, Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua, yang termasuk 5 Pilar Keselamatan Lalu Lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua yaitu Bapak David Telenggen, S.IP., M.KP, mengatakan bahwa Forum ini dibentuk di Tahun 2011 dan forum ini merupakan wadah kita untuk bersinergi dan berkolaborasi, sehingga pada kesempatan ini saya sampaikan bahwa ini perlu diaktivkan Kembali. Sinergitas dan kolaborasi kita dalam forum ini merupakan langkah yang positif, mari kita fungsikan dan diskusikan Kembali 5 pilar mengenai aksi keselamatan jalan demi menciptakan pelayanan yang baik untuk masyarakat.

Mulkan, SE., M.Si., AAAI-K sebagai Kepala PT Jasa Raharja Cabang Papua menyampaikan sesuai dengan Intruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, dimana intruksi tersebut terdapat Kebijakan 5 (lima) pilar. Untuk korban kecelakan naik 18% dibanding tahun lalu, sehingga beberpa yang perlu kita diskusikan apa langkah yang baik untuk dilakukan kedepannya, dan lebih dengan pendekatan kepada usia produktif, karena korban terbanyak akan kecelakaan ada pada usia produktif. Adapun Indeks fatalitas kecelakan di Indonesia 29% jauh dari harapan kita semua, sehingga perlu untuk menjadi perhatian buat kita semua. Jasa Raharja berada atau ikut berpatisipasi di pilar ke 5, sehingga paska kecelakaan Jasa Raharja juga memikirkan bagaimana masyarakat dapat merasakan keberadaan Jasa Raharja, sehingga kecepatan pembayaran santunan kita percepat.

Kompol Zet Saalino, S.H., M.H. menyampaikan forum ini dalam waktu dekat kita sudah laksanakan 2 kali, sehingga saya berharap besar terhadap forum ini ada suatu keputusan atau kebijakan yang bisa kita ambil dalam waktu jangka pendek dalam mengurangi angka kecelakan, akan tetapi kita juga perlu membahas program kerja kita dalam pembentukan forum ini untuk jangka panjangnya, sehingga kitab isa terus berperan aktif dalam bersinergi. Upaya yang dilakukan ditlantas untuk mengurangi angka kecelakaan, yaitu dengan melakukan pemeriksaan SIM secara langsung kepada Pengguna transportasi, serta memanfaatkan ETLE.

Dari Dishub Kota Jayapura Bapak Justin Sitorus, SH., MH menjelaskan mari kita Bersama-sama merumuskan dan berkolaborasi dalam forum ini yang dimana kita berada di warna instansi yang berbeda, tetapi dengan berbagai warn aitu kita bisa membentuk keindahan atau dalam arti ini kebijakan dalam mengurangi angka kecelakaan yang ada di Tanah Papua.

Bapak Arry P dari Dinas Kesehatan mengajak seluruh instansi terkait untuk menyediakan pos koordinas untuk semua instansi terkait, sehingga koordinasi kita bisa berjalan sebagai mana mestinya. []