KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Rute Pelita Air untuk penerbangan komersial dalam waktu dekat akan segara dibuka.

Saat ini pihak perusahaan terus melakukan berbagai persiapan untuk membuka rute Pelita Air penerbangan komersial tersebut.

Diketahui, PT Pelita Air Services (PAS) sudah mendatangkan dua unit pesawat baru jenis Airbus A320 pada tanggal 11 April lalu.

Dengan rute Pelita Air yang dibuka nantinya bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi udara.

Di awal pembukaan rute komersial ini, pihak perseroan menargetkan tujuan destinasi wisata dan bisnis di beberapa daerah.

Sekretaris Perusahaan PT Pelita Air Services Umbar Ibnu Hasan menjelaskan rute komersial ini di tahap pertama akan dibuka tujuan ke Pulau Bali dan Surabaya.

“Untuk rutenya kita siapkan ke daerah wisata dan bisnis seperti Bali dan Surabaya, untuk saat ini masih dalam proses persiapan dan perizinan,” ujar Umar, Minggu (17/4/2022).

Menurut Umar ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh PT PAS agar izin pembukaan rute komersial ini bisa rampung.

Ia pun memastikan bahwa PT PAS selaku anak usaha PT Pertamina sektor aviasai berkomitmen untuk mengikuti semua aturan dan tata kelola yang berlaku.

Umar Ibu Hasan menambahkan, setelah PAS mengantongi izin terbang rute komersial, pihaknya akan segera membuka layanan rute sesuai yang direncanakan.

“Untuk penerbangan perdana rute komersial baru kita lakukan setelah semua proses perizinan dan sertifikasi selesai di Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

KEMBANGKAN LINI BISNIS AVIASI

Terpisah, Vice President Corporate Communications PT Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina selaku induk usaha PAS akan memberikan dukungan.

Pembukaan rute komersial ini, menurut Fajriyah akan meningkatkan kinerja perusahaan melalui pengembangan di lini bisnis aviasi.

“Pertamina tentu akan memberikkan dorongan karena aksi korporasi ini adalah upaya mengembangkan transportasi udara yang akan mendukung konektivitas antar wilayah,” ungkanya.

Untuk itu, ia menyatakan bahwa Pertamina akan terus memberkan support atas aksi korporasi Pelita Air Service agar bisa memberikan pelayanan terbaik dan mampu bersaing secara nasional bahkan global.

“Semoga layanan PT PAS untuk jalur komersial ini akan mendukung kemajuan industri penerbangan di dalam negeri dan memberi warna baru dalam pelayanan di ekosistem penerbangan Indonesia,” tutupnya. []