KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Berdasarkan data santunan Jasa Raharja Perwakilan Singaraja, mayoritas korban kecelakaan merupakan pelajar. Oleh karena itu pentingnya pelaksanaan program Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas (PPKL) di wilayah Kabupaten Buleleng. Jasa Raharja Perwakilan Singaraja melaksanakan program PPKL di SMKN 3 Singaraja, yang disambut langsung oleh Kepala Sekolah Nyoman Nilon, S.Pd., M.Pd. pada 29 November 2023.

Sebagai tenaga pendidik, guru berperan sangat penting bagi pendidikan karakter terhadap siswa, agar perkembangan kepribadian siswa menjadi lebih baik dan memiliki ketahanan mental yang tinggi. Guru juga menanamkan pengetahuan tentang disiplin dan etika berlalu lintas. Keselamatan siswa dalam berlalu lintas juga menyangkut tanggung jawab seorang guru sebagai tenaga pendidik.

Kepala Jasa Raharja Perwakilan Singaraja, Luh Made Ernayani menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi program pengajar peduli keselamatan lalu lintas ini sebagai upaya membentuk ekosistem peduli keselamatan lalu lintas di lingkungan sekolah melalui peran aktif pengajar dalam mengingatkan anak didiknya untuk mengutamakan keselamatan lalu lintas dengan selalu mentaati peraturan berlalu lintas.

‚ÄúPara guru memiliki kontribusi yang cukup besar dan efektif memberikan himbauan, pesan dan edukasi terkait keselamatan, sehingga wawasan para pelajar akan bertambah terkait tertib dalam berlalu lintas,” katanya.

Pihak Sekolah menyambut baik sosialisasi program Pengajar Peduli Keselamatan Lalu lintas ini dan siap mendukung Jasa Raharja memberikan edukasi setiap hari saat jam pulang sekolah kepada anak didiknya sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Buleleng khususnya Kecamatan Buleleng.

Melalui program PPKL, diharapkan dapat meminimalisir angka kecelakaan serta meningkatkan kesadaran pelajar akan tertib berlalu lintas sehingga terbentuklah generasi penerus yang sadar lalu lintas.[]