KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Propinsi Riau bersama Satlantas Polres Inhil dan Jasa Raharja adakakn operasi gabungan terhadap tertib dan kelengkapan administrasi kendaraan bermotor di Tembilahan Prop. Riau. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 24 Maret 2022 tersebut juga menyertakan Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja Riau. Pelaksanaan operasi tertib tersebut berada di 2 titik lokasi yaitu seputaran Jl. Jend Sudirman dan Jl. Parit VI Tembilahan, Indragiri Hilir.

Kasat Lantas Polres Inhil, AKP Eri Asman menjelaskan pada kegiatan tersebut terdapat 106 unit kendaraan yang dijaring. Adapun rincian hasil operasi, eebanyak 60 unit kendaraan telah taat pajak, 41 unit kendaraan belum membayar pajak kendaran, 6 unit kendaraan tidak dapat menunjukkan surat kendaraan/STNK dan 5 diantaranya kendaraan luar propinsi.

Terhadap kendaraan yang melakukan pelanggaran dilakukan penindakan tilang sesuai pelanggarannnya. Serta sebanyak 3 kendaraan langsung melakukan pelunasan pajak kendaraannya ditempat, jelas Eri Asman.

Kepala Bidang Pembukuan dan Pengawasan Bapenda Riau, Ita Erawati SH, mengatakan kegiatan ini merupakan program Sosialisasi, Edukasi dan Operasi Penertiban Pajak Kendaraan Bermotor yang telah disusun dan terjadwal sesuai ketetapan Gubernur Riau. Program kerja ini disusun dan ditujukan salah satunya untuk memenuhi target anggaran penerimaan pajak kendaraan bermotor Propinsi Riau.

Sementara itu, Kepala cabang Jasa Raharja Riau. M.Iqbal Haasnuddin S.Sos, membrikan penjelasan bahwa kegiatan uji petikan kendaraan bermotor ini juga merupakan salah satu wujud pendekatan pelayanan Samsat ke Masyarakat. Uji petik kendaraan yang sekaligus menyediakan sarana membayar pajak kendaraan merupakan solusi kemudahan bagi masyarakat sehingga terhindar dari sangsi, tegas M. Iqbal. []