KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau berpartisipasi dalam Operasi Penertiban Pajak Kendaraan Bermotor yang dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Barelang yang bertempat di jalan jalur lambat depan Kantor Polresta Barelang pada Selasa (22/3). Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan ketertiban masyarakat dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dengan tepat waktu.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau yang diwakili oleh Kepala Unit Operasional & Humas, Toif Riyanto, didampingi beberapa staf bergabung ikut serta dalam kegiatan operasi tersebut. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli Satlantas Polresta Barelang, Ipda Yudhi Patra serta sejumlah personel dari Satlantas Polrestas Barelang dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Dalam memfasilitasi para pengendara kendaraan bermotor yang ingin melakukan pelunasan pajak kendaraan bermotor di tempat, Bapenda menyediakan mobil Samsat Keliling di lokasi sehingga memudahkan administrasi pembayaran saat itu juga.

Pada kesempatan tersebut, Toif mengungkapkan bahwa keikutsertaan Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan dan kolaborasi dengan Satlantas Polresta Barelang dan Bapenda Provinsi Kepulauan Riau dalam penertiban pajak kendaraan bermotor di Kota Batam. Penertiban pajak kendaraan bermotor dinilai perlu dan penting dilakukan karena mendorong kesadaran masyarakat untuk membayarkan PKB dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dengan tepat waktu. SWDKLLJ, yang merupakan salah satu komponen dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor, adalah asuransi kecelakaan lalu lintas yang ditanggung oleh Jasa Raharja yang harus dibayarkan oleh wajib pajak tiap tahunnya.

Jasa Raharja sebagai pelaksana Undang Undang nomor 34 tahun 1964, melakukan pengutipan sumbangan wajib atau SWDKLLJ dalam rangka memberikan jaminan perlindungan bagi para pengendara kendaraan bermotor di jalan, berkolaborasi dan berkerjasama dengan Kepolisian dan Bapenda menyediakan layanan di Kantor Bersama Samsat. Jasa Raharja selalu menyerukan pesan untuk selalu patuh berkeselamatan lalu lintas dan taat pembayaran SWDKLLJ. []