KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Bertempat di Kantor Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, rombongan studi banding Tim Pembina Samsat dari Provinsi Aceh disambut langsung oleh segenap Tim Pembina Samsat Kalimantan Barat (Bapenda Kalbar, Jasa Raharja Kalbar, dan Ditlantas Polda Kalbar) dan Direksi BPD Kalimantan Barat.

Program studi banding yang diprakarsai oleh Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) dan turut serta dihadiri oleh Kepala Cabang Jasa Raharja Aceh Regy S. Wijaya, Juru Bicara Pemerintah Aceh, Ditlantas Polda Aceh, dan Direksi Bank Aceh Syariah berikut jajarannya tersebut dilaksanakan pada Senin, 14 Maret 2022.

Dalam kesempatan tersebut hal yang menjadi fokus pembahasan yakni terkait dengan strategi Tim Pembina Samsat Kalbar khususnya Bapenda Kalbar untuk mengoptimalkan pendapatan. Hal ini menarik perhatian BPKA mengingat potensi kendaraan di Provinsi Aceh dan Provinsi Kalimantan Barat hampir setara akan tetapi dari segi pendapatan lebih tinggi di Provinsi Kalimantan Barat.

Optimalisasi kegiatan pelayanan Tim Pembina Samsat Kalbar di daerah terpencil dan terluar serta pengembangan jaringan pembayaran pajak kendaraan melalui e-samsat juga menjadi bahan diskusi dalam kegiatan tersebut.

Kepala Jasa Raharja Cabang Kalimantan Barat, Wisnu Wardana menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan studi banding ini diharapkan bisa saling memberikan masukan terkait dengan pelayanan samsat baik di Provinsi Aceh maupun Provinsi Kalimantan Barat.

“Melalui kegiatan ini tentunya banyak masukan dan informasi terkait dengan pelayanan di masing-masing provinsi yang nantinya informasi tersebut bisa untuk saling melengkapi dan menjadi referensi untuk perbaikan proses pelayanan kedepannya. Selain itu hasil studi banding ini kiranya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dari sekor pajak kendaraan bermotor berikut SWDKLLJ Jasa Raharja”, terang Wisnu.

Selanjutnya Wisnu menambahkan bahwa, pihaknya akan terus bekerjasama dengan mitra terkait serta mendukung apa yang menjadi terobosan untuk meningkatkan mutu pelayanan samsat kepada masyarakat khususnya di Wilayah Kalimantan Barat. []