KORPORATNEWS.COM, Jakarta – Kamis 9 Juni 2023 Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara Amaluddin Salam mengikuti rapat koordinasi Tim Pembina Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Provinsi Sulut di Hotel NDC Manado.

“Tim Pembina Samsat terdiri Ditlantas Polda Sulut, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulut dan Jasa Raharja Sulut melakukan pembahasan mengenai standar pelayanan di Samsat agar sesuai dengan ketentuan berdasarkan rekomendasi dari pemerintah pusat serta tidak lupa membahas optimalisasi pendapatan di tahun 2023 dan rencana strategis mengahadapi di tahun 2023 ,”kata Amal.

Forum ini untuk kata dia, untuk menyatukan persepsi dan menegaskan komitmen dari para pembina Samsat di Sulut untuk mewujudkan pelayanan yang optimal dan peningkatan pendapatan.

Kepala Bapenda Sulut June Silangen menuturkan, kualitas pelayanan Samsat terkait dengan tiga faktor penting yang berujung pada kecepatan dan kecermatan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Ketiganya yaitu, kompetensi aparatur, penerapan teknologi dan peraturan,”kata dia.
Sebagai informasi, tujuan rakor tim pembina samsat ini untuk memantapkan koordinasi pelaksanaan Samsat, terciptanya persepsi yang sama dalam penanganan pelaksanaan penataan, penertiban dan pungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan membangun sinergitas antara Tim Pembina Samsat.

Rakor tim pembina Samsat juga diharapkan dapat memperkuat komitmen dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat/wajib pajak di Sulut, menjaring kendaraan bermotor yang menunggak pajak dan mendapatkan langkah-langkah strategis dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah, agar target yang diharapkan dapat tercapai. []